Rabu, 17 September 2008

Matahari


Matahari memancarkan sinarnya sampai ke permukaan bumi, pada siang hari, cahayanya terasa sangat panas. Pada bagian ini, kita akan membahas tentang keadaan matahari yakni diantaranya:

a. Suhu permukaan matahari kira-kira 6000 derajat celcius. Sedangkan, di pusat matahari suhunya mencapai 18 juta derajat celcius. Namun, suhu pada matahari tersebut tidak merata.
b. Gravitasi matahari cukup kuat untuk mengikat gas sehingga tidak tersebar. Kekuatan gravitasi ini juga untuk menekan pusat nuklir sehingga tidak terjadi ledakan.
c. Sebagian besar tubuh matahari terdiri dari gas hydrogen. Selain itu juga ada gas helium, sedikit zat lemas, oksigen dan unsur berat seperti besi dan nikel. Pada pusat matahari, setiap detik 600 juta hydrogen dibakar menjadi helium melalui reaksi nuklir. Matahari seolah-olah tidak pernah kehabisan tenaga.
d. Masa matahari kira-kira 1989 X 1033 g. garis tengah atau diameter matahari kira- kira 1.400.000 km. jarak matahari dari bumi kurang lebih 150 juta km.
e. Para ahli memperkirakan umur matahari sekarang sekitar 4.600 juta tahun. Dengan jumlah hydrogen yang dimilikinya. Matahari akan melangsungkan pembakaran nuklir di pusatnya seperti sekarang selama 5.000 juta tahun lagi.



Tidak ada komentar: