Selasa, 07 Oktober 2008

Komet


Komet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari. Lintasan komet berbentuk sangat lonjong dan berbeda dengan lintasan planet. Komet berasal dari bahasa Yunani yang artinya rambut panjang. Berikut beberapa penjelasan tentang komet:



a. komet terdiri atas kumpulan debu gas yang membeku. Cahaya matahari sering dipantulkan oleh bagian komet sehingga komet tersebut tampak berekor. Panjang ekor komet dapat mencapai jutaan kilometer, arah ekor komet selalu menjauhi matahari.
b. Cahaya yang Nampak dari komet sebagian kecil merupakan cahayanya sendiri dan sebagian besar merupakan pantulan dari cahaya matahari. Karena komet sering Nampak berekor, maka komet sering disebut bintang berekor, orang Jawa menyebutnya lintang kemukus.
c. Kita mengenal sekitar 50 komet yang muncul tiap lima atau empat puluh tahun sekali, komet-komet itu dinamai keluarga komet Yupiter. Komet Halley muncul 76 tahun sekali, komet ini sangat terkenal. Komet ini ditemukan oleh ahli sains bernama Edmund Halley pada tahun 1682. pada tahun 1886 orang Indonesia dapat melihat komet Halley dengan mata telanjang walaupun kurang jelas. Komet terdiri dari ekor debu dan nucleus.
d. Komet yang telah dikenal antara lain:
• Komet encke yang muncul setiap 3 tahun.
• Komet ikeya-seki muncul tahun 1965.
• Komet kohoutek muncul tahun 1973.
• Komet west muncul tahun 1976.




Tidak ada komentar: