Selasa, 07 Oktober 2008

Meteor


Kali ini, kita akan membahas tentang benda langit yakni Meteor dan Asteroid. Berikut beberapa informasi tentang meteor dan asteroid:



a. meteoroid merupakan benda-benda langit kecil yang juga mengelilingi matahari dan jumlahnya sangat banyak. Sering beberapa dari mereka jatuh ke bumi. Meteoroid yang jatuh ke bumu akan bergesekan dengan atmosfer bumi dan terbakar. Meteoroid yang terbakar di atmosfer bumi disebut meteor, cahaya pijarnya sering Nampak sebagai bintang beralih. Batu meteor yang sampai ke permukaan bumi disebut meteorit. Meteor banyak mengandung besi dan nikel.
b. Asteroid merupakan sejumlah benda-benda langit kecil semacam planet yang bergerak mengelilingi matahari. Asteroid sering pula disebut dengan planet kecil. Asteroid banyak dijumpai di sekitar lintasan Mars dan Yupiter, dalam tata surya kita diperkirakan terdapat lebih dari 100.000 asteroid. Asteroid terbesar bernama ceres. Ceres bergaris tengah kurang lebih 685 km.
c. Gas dan debu yang berada di antara planet-planet disebut zat antar planet.
d. Cahaya zodiac adalah cahaya yang terlihat di tempat gelap seperti pita cahaya yang tipis. Itulah, cahaya matahari yang dipantulkan oleh zat antar planet.




Tidak ada komentar: